MANAQIB DALAM RANGKA SUKSES UJIAN

Kegiatan Siswa

Ketika semester dua menjelang, maka pertanda rangkaian ujian sudah mengantre khususnya bagi siswa kelas XII baik Teknik Sepeda Motor maupun Busana butik. Dimulai dengan pelaksanaan Ujian Praktek Mata Pelajaran Normatif dan Adaptif (Normada), Ujian Kompetensi Keahlian (UKK), Ujian Semester Genap, Ujian Sekolah, Ujian Sekolah Berstandar Nasional dan puncaknya adalah Ujian Nasional yang mulai tahun ini tidak lagi berbasis kertas dan pensil (UNKP) melainkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Ujian Praktek Normada adalah ujian praktek untuk semua mapel kecuali mapel produktif. Pada ujian ini, siswa ditekankan untuk mampu mengaplikasikan teori-teori dalam materi pelajaran yang sudah diperoleh ke dalam bentuk konkrit atau praktis. Sebagai contoh, untuk mapel Pendidikan Agama Islam (PAI), siswa dituntut untuk bisa mempraktekkan cara baca al Qur’an sesuai dengan makhraj dan tajwidnya. Atau mapel PKN sebagai contoh lain, siswa dituntut untuk bisa melakukan wawancara dengan instanti terkait, dalam hal ini kelurahan, tentang sistem pemerintahan Desa. Sedangkan UKK adalah ujian ujian praktek khusus untuk mapel produktif, dimana siswa dituntut untuk untuk bisa menguasai ketrampilan sesuai dengan kompetensi masing-masing. Secara global, siswa TSM untuk melakukan servis mulai dari sistem pengereman, kelistrikan dan tune up, sedangkan siswa BB diuji untuk membuat busana, sesuai dengan yang telah ditentukan, dari mulai membuat pola bahan, memotong, menjahit dan finishing sehingga bisa menjadi bahan jadi yang bisa dipakai.

Selain ujian di atas masih ada lagi ujian-ujian yang harus dihadapi oleh siswa. Agar semua ujian bisa berjalan lancar dan sukses tentunya diperlukan usaha dari semua pihak. Di SMK NU Raum, usaha agar sukses ujian bagi kelas XII tidak hanya berupa usaha fisik seperti penyiapan infrastruktur, mengadakan jam tambahan siswa, dan lain-lain tetapi dilakukan juga usaha yang sifatnya ruhaniyah seperti yang sudah diajarkan dan dicontohkan para salafussalih, yaitu membaca manaqib Syekh Abdul Qadir al Jilani. Kegiatan ini dilaksanakan pada sore hari Kamis, 16 Maret 2017 di halaman SMK NU Raum. semoga dengan usaha lahir batin ini, semua siswa kelas XII SMK NU Raudlatul Mu’allimin tahun pelajaran 2016/2017 bisa sukses lulus dengan nilai yang baik dan setelah lulus bisa bekerja dengan hasil memuaskan atau yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi bisa diberikan kemudahan. Amin…

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.